Salam Hangat

Salam Hangat
Background

Rabu, 14 April 2010

Apakah software yang dihasilkan dengan menggunakan software bajakan bisa dikatogorikan aplikasi atau sistem bajakan pula

Diperlukannya hak cipta untuk produk TI agar tidak terjadi kesalahan dalam kepemilikan hak cipta penciptaan aplikasi. Yang nantinya dapat merugikan dari segi materi dan kreatifitas oleh pencipta software tersebut maupun orang lain. Sehingga aplikasi tersebut menjadi sebuah aplikasi yang berlisensi atau tidak bajakan.

Kerugian dari segi materi misalnya seseorang yang telah susah payah menciptakan sebuah aplikasi, tetapi dia tidak mempatenkan hasil ciptanya maka akan mudah diintimidasi oleh orang lain dikarenakan dia tidak memiliki cukup bukti untuk membuktikan bahwa aplikasi tersebut dia yang menciptakan. Sehingga harusnya dia mendapatkan hasil/bayaran dari pemakaian atau penjualan software tersebut tetapi dia tidak mendapatkannya dikaernakan tidak memiliki hak cipta aplikasi tersebut.

Kerugian dari segi kreatifitas oleh pencipta atau orang lain maksudnya pembuat aplikasi menjadi enggan untuk membuat aplikasi lagi dikarekan trauma atau taku apa bila aplikasinya dibajak atau dimanfaatkan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

Sumber : Saya Sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar